Si Miku dan Si Ondo (hanya fiktif ^.^v)




Keluarga kami memiliki seekor kambing dan seekor sapi. Si kambing namanya Ondo, sedangkan sisapi, khusus adikku yang memberinya nama, bernama Miku. Kami sangat menyayangi hewan-hewan peliharaan kami. Setiap hari ayah membawakan rumput kualitas terbaik untuk mereka berdua. Aku, kakakku, dan adikku sering bermain-main dengan mereka sepulang sekolah. Si Miku adalah kesayangan adikku. Seminggu sekali adikku memandikan Miku di sungai yang berjarak lima kilometer dari rumah.

Kehadiran Miku dan Ondo di rumah kami (lebih tepatnya di kandang rumah kami) menambah kehangatan di tengah keluarga. Tapi itu tak bertahan lama. Seminggu lagi hari raya Idul Qurban akan tiba. Kegembiraan perayaan itu mendatangkan sebuah konsekuensi bagi keluarga kami. Ayah memutuskan untuk menunaikan kewajiban zakatnya dengan berkurban. Dan ayah memutuskan pula bahwa yang akan disembelih adalah si Miku. Adikku menangis meraung-raung ketika keputusan itu diumumkan di rumah. Ia menuding ayah tidak adil, karena Ondo tidak ikut disembelih.

Kakakku membela ayahku. Ia mengatakan bahwa Ondo belum cukup umur untuk disembelih. Ia mengatakan bahwa daging Miku akan lebih membantu orang yang kelaparan dibandingkan Ondo. Adikku masih tidak rela. Sampai saat penyembelihan tiba, ia masih menangis meraung-raung. Aku merasa tidak nyaman di rumah. Dulu kami sering bermain bersama-sama. Kini kakak dan adikku tidak saling bersenda gurau lagi. Bahkan mereka saling menyindir.

Ketegangan itu berlanjut sampai malam hari. Daging kurban kami telah dibagikan ke warga yang membutuhkan. Malam itu ayah mengajak adikku bicara. “Dik, tau tidak? Nanti di jembatan shirat, mungkin  Mikulah yang akan membawa adik di atas punggungnya menuju surga. Sekarang itu hanya perlu diwujudkan dengan sebuah keikhlasan.”

Advertisements

2 thoughts on “Si Miku dan Si Ondo (hanya fiktif ^.^v)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s