Iseng-iseng ^^


Suatu hari saya, istri, dan anak-anak pergi berjalan-jalan ke taman mini. Kami jarang sekali bisa berkumpul bersama-sama seperti ini. Anak-anak senang bukan main, hingga pada malam hari mereka tidur larut. Saya dan istri pun mempersiapkan segalanya. Yah, hampir segalanya telah kami persiapkan. Namun ada satu hal yang terlupakan. Dan hal itu merupakan hal yang penting.

Kami pergi pada pagi hari, membawa tas besar yang berisi makanan untuk piknik. Kami pergi dengan menggunakan mobil Avanza silver milikku. Kami sampai di taman mini kebanggaan orang Jakarta itu dua jam kemudian. Sementara anak-anak bermain, saya membentangkan tikar di bawah salah satu pohon, sedangkan istri saya menyiapkan perbekalan. Kami makan dengan lahap, menatapi langit, memandangi pohon-pohon, hingga tak terasa sore telah menjelang.

Saya cepat-cepat mengendarai mobil untuk pulang, karena besok anak-anak harus sekolah. Mereka belum mengerjakan tugas sekolah mereka, katanya.

Sesampainya saya di gerbang depan rumah, saya heran, karena pagar itu terbuka sangat lebar. Yoni, si penjaga rumah tidak ada di posnya. Saya segera berlari ke dalam rumah. Keadaan rumah saya tidak dapat didsekripsikan lagi. Semua berantakan. Yang lebih aneh lagi, televisi, kulkas, radio stereo, dan perabotan-perabotan kami lenyap semuanya.

Saya memaki-maki petugas satpam yang bertugas menjaga rumah saya. Kemana aja sih tuh satpam? Tidur terus ya???

Baru kemudian saya sadari, sudahkah saya melatih satpam saya dengan baik? Bukankah selama ini saya hanya menuntut kerjanya saja? Tanpa memberi kemampuan kepadanya. Lalu, bukankah akibat euforia ‘jalan-jalan bersama keluarga’ pula lah saya lengah mengunci pintu rumah. Ya, saya yang gagal menjaga rumah saya sendiri, akibat terlalu senang berpergian..

11 Maret 2010

di “rumah saya”

One thought on “Iseng-iseng ^^

Leave a Reply

