Budaya Kita yang Hilang


Beberapa saat yang lalu, kita sempat kebakaran jenggot karena banyak budaya kita yang di-claim oleh bangsa lain (atau pun oleh seorang oknum dari bangsa lain), mulai dari lagu hingga makanan khas daerah. Namun apakah kita sadar bahwa sebenarnya banyak sekali kebudayaan kita yang sedikit demi sedikit lepas, seperti air yang merembes keluar dari genggaman tangan? Namun apakah kita sadar, bahwa sedikit demi sedikit kita dilumuri oleh kebudayaan asing, yang nilainya bahkan bertentangan dengan nilai luhur Indonesia?

Berapa sering kita telah meninggalkan budaya ramah tamah? Dahulu Indonesia dikenal sebagai rumahnya orang-orang ramah. Sekarang? Apakah kita masih membiasakan bersapa dan salam dengan tetangga? Apa yang lebih kita utamakan, memperhatikan keadaan orang lain atau ber-BB-ria dalam angkot?

Berapa kali kita telah mengkhianati budaya jujur dan integritas? Berapa sering kita menyontek dalam ujian? Berapa sering kita menyalin laporan praktikum? Berapa sering kita berbohong pada orang tua? Berapa lama lagi kita akan menjadi bangsa nomor sekian terkorup?

Berapa lama kita telah melanggar budaya sopan santun? Masihkah kita menghormati orang yang lebih tua? Masihkah kita menghargai norma tempat kita berpijjak? Masihkah kita memiliki malu untuk berpakaian tidak sopan?

Kemudian, apakah benar pakaian-pakaian mini yang dijejalkan kebudayaan barat ke dalam keseharian kita sesuai dengan nilai-nilai luhur Indonesia? Lalu bagaimana dengan adegan-adegan tidak senonoh yang diumbar sembarangan di depan umum, dan dipaksakan masuk ke dalam memori anak-anak Indonesia?

Saya rasa, selain menjaga budaya fisik, kita juga harus menjaga nilai dari budaya itu sendiri. Apa pendapat Anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s