Mengejar Pak Tif


18 Desember 2010

Saya melihat pengumuman bahwa akan ada seminar Profesi Pekerjaan Sosial di Aula Rektorat Unpad DU. Dari beberapa nama yang terpampang di publikasi itu, pandangan saya langsung tertarik pada sebuah nama: Ir. Tifatul Sembiring, Menkominfo RI. So, saya ber-azzam untuk hadir ke sana. Pak Tif, saya akan datang!

20 Desember 2010

Acara -katanya- dimulai jam 08.00. Jam 07.50 saya baru berangkat dari rumah di taman sari (mau jadi apa lo, Ga, jam segitu baru berangkat?). Sesampainya di Unpad DU (saya dalam hati sempat merasa bangga, “akhirnya gue bisa pergi sendirian tanpa nyasar!!!”), saya melihat Bapak-Bapak berseragam (kayaknya Sentinel). Bapaknya tegap dan seram. Tapi mau nggak mau, saya nanya juga, “Pak, aula rektorat lantai 4 di mana ya?”

Si Bapak pun menjawab dengan sangat ramah, “Oh, di balik gedung ini, Teh.. Masuk aja dari pintu itu, trus belok kanan”, bahkan dia menunjuk dengan jempol (khas sopan santun orang Sunda). Saya yang masih takjub dengan keramahan Bapak itu, mengucapkan terima kasih dengan sok-imut-penuh-terima-kasih.

Akhirnya saya sampai lah di gedung yang di maksud. Di pintu depan udah banyak mahasiswa-mahasiswi berbatik yang berjaga di depan pintu bak pagar bagus dan pagar ayu penyambut tamu.

Saya ditunjukkan jalan ke tempat acaranya. Ketika sampai di meja pendaftaran tamu, saya ditanya, “Dari mana teh?”.

“Dari ITB”, kata saya masih dengan sok-imut-dan-rendah-hati. Kayaknya teteh-tetehnya langsung bingung gitu, “ngapain anak ITB ikut seminar pekerja sosial”. Tema di seminar itu adalah Perlindungan Anak.

Dalam hati, saya emang mau melindungi anak-anak Indonesia kok! Melindungi mereka dari konten media yang merusak!

Saya masuk ke dalam ruangan, duduk di kursi sendirian, kenalan dengan beberapa alumni poltekes, smsan, gambar-gambar, dll. Acara dimulai jam 9, dengan sambutan dari ketua panitia, sambutan dekan (apa kaprodi ya?) dan pemukulan gong. Trus, yang membuat saya syok sekaligus kagum, rangkaian acara pembukaan selanjutnya adalah, seperti yang dikumandangkan MC, PEMBACAAN AYAT SUCI AL-QUR’AN. Padahal itu bisa dibilang acara yang sangat umum.

Selanjutnya ada Sambutan dari Mrs. Delilah (gak tau gimana nulisnya), perwakilan organisasi Save the Children. Ibu ini dari Filipina (begitu denger ini, para peserta langsung rame. Dan si Ibunya langsung nyambung, “Yes, the football. I’m proud of Indonesia”). Inti sambutannya kalo nggak salah tentang bagaimana mengembalikan pengasuhan anak dari institusi ke pengasuhan keluarga (ibunya ngomong pake english, dan setiap kalimat diterjemahkan oleh teteh panitia).

Selanjutnya adalah yang saya tunggu-tunggu: KEYNOTE SPEECH dari PAK TIF.

Saya bener-bener nunggu kesempatan ketemu Pak Tif. Bukan nge-fans, atau fanatik partai tertentu, saya memang bercita-cita ingin jadi staff ahli di Depkominfo.

Ini beberapa hal yang disampaikan oleh Pak Tif, di sela-sela pantun dan guyonan beliau:

  • Belum ada yang serius dan spesifik mengurusi masalah anak-anak. Paling-paling dititip ke kementerian Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak, Kementerian Pendidikan, Kementerian Sosial.
  • Penggunaan ICT (Information and Communication Technology) berkembang pesat di Indonesia. Bahkan jumlah perbandingan HP:orang=1,8. Amazing! Berarti banyak yang punya HP lebih dari 1 di Indonesia.
  • Dari perkembangan tersebut, yang paling banyak digunakan masih sebatas email, sms, jejaring sosial, dan games. Sedangkan untuk riset dan bisnis masih minim.
  • Dari survey, ternyata 75% remaja di malaysia telah melakukan hubungan seksual di luar nikah, dan di Indonesia 61%. Dan setelah ditanya, ternyata pengaruh utamanya adalah dari Internet dan Film. Kasihan sekali kalian, pemuda harapan bangsa.
  • Software antipornografi yang bisa diterapkan di internet dapat diunduh di web depkominfo.
  • Tahun 2011 nanti, jaringan-jaringan BB akan dapat diakses oleh negara. Jadi berhati-hatilah kalian para koruptor yang memanfaatkan privacy BB! Harr.. harr.. harr..

Bersambung.. *saya mau siap-siap rapat dulu..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s