Tak Mungkin Kau Menyukai Air Tapi Membenci Basah


Saya sangat suka main air, apalagi di sungai atau pantai. Saya senang merasakan aliran air menarik-narik kaki saya. Saya sangat suka main air. Tapi ada yang saya tidak senangi setelahnya. Saya tidak suka basah setelah bermain air. Rasanya tidak enak. Hal itu menjadikan rasa kering setelahnya menjadi menyenangkan, lebih menyenangkan dari rasa kering sebelumnya. Seperti jika kau harus berdiri lama di metromini, dan tiba-tiba ada seorang penumpang yang turun memberikan kursinya padamu. Pasti kesempatan untuk duduk itu akan sangat-sangat kau syukuri dibandingkan ketika kau duduk di kelas, di ruang tamu, atau di atas kasurmu.

Sama halnya seperti bekerja “dakwah”. Dalam dakwah, kau akan ditemani dengan ukhuwah di antara saudara-saudarimu. Namun selain itu, kau juga harus kehilangan sejenak waktumu untuk belajar demi IP 4, kehilangan waktu bersantaimu, merelakan pikiranmu untuk memikirkan nasib umat, dan mungkin kehilangan kesempatan untuk sedikit memikirkan kesehatanmu.

Tapi janji yang ditawarkan Allah setelahnya terlalu indah untuk dilewatkan: pahalaNya yang berlipat-lipat dan terus mengalir. Hebat bukan? Berlipat-lipat dan terus mengalir! Berlipat-lipat karena ketika kau menginspirasi satu orang kepada jalan cahaya, dan orang itu menginspirasi orang-orang berikutnya, maka pahalanya juga akan sampai kepadamu. Terus mengalir karena walaupun kau sudah tidak bisa berkarya di bumi Allah ini, selama yang kau ajarkan terus dipergunakan, pahalanya akan terus sampai padamu.

Pahala. Mungkin itu adalah sebuah kata-kata abstrak bagimu. Namun mengapa kau tak anggap abstrak kata-kata takut, cinta, kecewa, benci, kasih, dan sebagainya? Yak, dia hanya perlu dipercayai keberadaannya. Sama halnya ketika seseorang tidak mempercayai adanya rasa takut, cinta, atau benci, maka ia tidak akan pernah merasakannya.

===============================================================

*Mulai absurd, loncat-loncat. Yaudahlah ya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s