Cinta dalam Sepotong Kepala Ikan


Oke, ini judul buku. Ceritanya lagi pergi ke gramedia untuk nyari frame foto untuk plakat pembicara diklat kominfo. Trus iseng-iseng ke bagian yang jual buku, berniat nyari buku sastra yang dianjurkan dosen Apresiasi Sastra. Gak jadi beli, bukunya serem-serem semua. Baiklah, saya naik ke lantai 3 1/2, yang dijejali dengan novel-novel beraneka ragam. Trus ngeliat buku ini. Cinta dalam Sepotong Kepala Ikan. Cover-nya ke-Arab-Arab-an gitu. Penerbitnya Salsabila, ditulis oleh Ahmad K. Syamsudin. Di bagian kiri atas ada tulisan “60 Kisah Hikmah Kehidupan untuk Perubahan”.

Berhubung harganya di bawah 20.000 dan kayaknya lumayan untuk bahan tausiyah waktu mentoring, akhirnya saya beli buku ini. Daaann, cerita-ceritanya bagus bangett!

Ada cerita tentang masjid Shanke Yadem di Istanbul, yang dibangun oleh seseorang yang sangat sederhana. Orang-orang bingung kenapa dia bisa membangun masjid tersebut padahal hidupnya sangat sederhana. Orang itu menjawab kalo dia selalu menabung dengan menghemat kebutuhan sehari-harinya dengan mengatakan “shanke yadem” yang artinya “anggap saja saya sudah makan”. Jadi dia kalo ngiler ngeliat suatu makanan yang pengen dia beli, dia selalu mensugesti dirinya dengan kalimat itu dan alih-alih membeli, dia menyimpan uang itu untuk menggapai cita-citanya membangun masjid.

Cerita yang menjadi judul buku ini adalah cerita tentang sepasang suami istri yang sudah menikah selama 50 tahun. Pada perayaan ulang tahunnya yang ke-50, dihidangkan sebuah makanan yang terbuat dari ikan kepada keduanya. Seperti biasa, sang suami langsung mengambil kepala ikan dan memberikan kepada istrinya. Namun sang istri berkata, “sudah puluhan tahun aku tidak makan daging ikan karena menghormatimu. Tapi sekarang aku tidak bisa menahannya lagi” (kurang lebih begitu lah). Si suami membalas, “maafkan aku, istriku. Sebenarnya kepala ikan adalah bagian yang paling kusukai dibanding daging ikan yang banyak durinya. Namun aku ingin memberikan yang terbaik untukmu.” Intinya si penulis menekankan pentingnya komunikasi.

Ada juga kisah nabi Sulaiman dengan semut, beberapa kisah Abu Nawas, beberapa kisah Rasul Muhammad SAW dan sahabat-sahabatnya, dan banyak lagi kisah yang menarik.

Gak nyesel beli buku itu :’)

Advertisements

One thought on “Cinta dalam Sepotong Kepala Ikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s