Asiknya Berbagi


Bahasa Indonesia: Jalan Negara (Trans Kalimant...

Image via Wikipedia

Banyak hal di bumi ini yang jumlahnya terbatas, makanan, uang, ruang, dll. Ada juga hal yang stock-nya tidak pernah habis. Kali ini saya ingin menulis sedikit tentang doa. Kalian tahu arti doa? Nihh, mbak KBBI mau ngasih definisi: doa adalah permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan.

Saya gak mau bahas tentang adab doa, urgensi berdoa, dan sebagainya. Saya ingin membahas tentang asiknya berbagi doa. Pernahkah teman-teman suatu ketika melihat seorang Bapak sedang mendorong motornya yang mogok, sedangkan teman-teman gak punya keahlian mekanik sama sekali? Saya pernah mengalaminya. Saya kasihan sama Bapak-Bapak itu sebenarnya, ingin membantu. Tapi saya gak punya kemampuan. Lalu saya dengan sotoy-nya berpikir bahwa kalau tidak bisa membantu dengan tangan dan dengan lisan, setidaknya bantulah dengan hati (ini sebenarnya hadist tentang apa yang harus dilakukan jika melihat kemungkaran: cegahlah dengan tangan, kalau tidak bisa dengan lisan, kalau tidak bisa dengan hati. Dan itulah selemah-lemah iman). Jadi saya membantu lewat mendoakan agar motornya bisa jalan kembali.

Berbagi lewat doa juga punya keasikan lain.. Kita gak pernah kehabisan stok doa, insya Allah. Selain itu, jika kita mendoakan saudara kita tanpa diketahuinya, maka malaikat akan berkata “juga untukmu” (maksudnya kalau kita mendoakan saudara kita agar nilai ujiannya bagus, maka doa tersebut juga tertuju untuk kita). Berbagi doa ini juga bisa melatih kita peka dan peduli terhadap orang lain (atau bahkan makhluk hidup lain). Kita akan sibuk memperhatikan sekitar, mencari-cari adakah orang yang sedang kesulitan. Dan kita gak mungkin mendoakan orang lain jika kita gak peduli dengan orang itu kan?

Walaupun begitu, berbagi dengan doa masih berada di level yang cupu. Berbagi dengan tindakan nyata pasti jauh lebih asik! Yeay!

Leave a Reply

