Ruqiyah dan Kedudukannya dalam Islam


Pengajian Cewe-cewe RCTI *gak rela dibilang pengajian ibu2*
Jumat, 24 Mei 2013

Ruqiyah secara bahasa artinya adalah terapi dengan menggunakan jampi-jampi atau mantra-mantra.

Ruqiyah terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Ruqiyah Syirkiyah, yang sudah ada sejak zaman sebelum Rasulullah, dan banyak diadposi menjadi berbagai jenis mantra seperti “abrakadabra”, “til kotal katil, segala penyakit disentil” *ini salah satu yang dibilang ibunya loh, bukan saya yang ngarang-ngarang*
  2. Ruqiyah Syar’iyah, yaitu terapi dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan doa-doa perlindungan yang bersumber dari Rasulullah SAW.

Kedudukan Ruqiyah dalam Islam:

  • Sebaiknya kita tidak meminta untuk di-ruqiyah, baik yang syar’iyah, apalagi yang syirkiyah. Ini berdasarkan hadits yang berbunyi:

    Akan masuk al jannah dari umatku tujuh puluh ribu tanpa hisab dan adzab (dalam riwayat lain; wajah-wajah mereka bercahaya bagaikan cahaya rembulan di bulan purnama).” Kemudian Rasululloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam berdiri dan masuk ke dalam rumah. Sementara para shahabat Rasululloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam menduga-duga siapakah golongan mereka itu. Diantara para shahabat ada yang menduga; “Semoga mereka adalah orang-orang yang menjadi shahabatnya”. Yang lainnya mengira; “Semoga mereka adalah orang-orang yang lahir dalam keadaan Islam dan tidak pernah berbuat kesyirikan”, dan perkiraan-perkiraan yang lainnya. Kemudian Rasululloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam keluar dari rumahnya dan mengkhabarkan sifat golongan yang bakal menjadi penghuni al jannah tanpa hisab dan adzab. Beliau Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya: “Mereka itu adalah orang-orang yang tidak meminta kay (praktek pengobatan dengan menempelkan besi panas atau semisalnya pada bagian tubuh yang sakit), tidak meminta ruqyah, dan tidak pula berfirasat sial (dengan sebab melihat sesuatu yang disangka ganjil seperti burung dan semisalnya), serta mereka bertawakkal penuh kepada Rabb mereka.”  Kemudian Ukasyah bin Mihshan berdiri seraya berkata: “(Wahai Rasululloh) berdo’alah kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala supaya aku termasuk golongan mereka. Rasululloh Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam  bersabda: “Engkau termasuk dalam golongan tersebut”. (HR: Al Bukhari no. 5752 dan Muslim no. 374)

    Jadi sebaiknya kita tidak minta di-ruqiyah karena akan menghilangkan kesempatan masuk surga secara langsung, kecuali jika orang lain yang dengan inisiatifnya sendiri yang me-ruqiyah kita.

  • Lebih utama kita melakukan ruqiyah mandiri, yaitu kita sendiri yang membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan doa yang dicontohkan Rasul.
  • Boleh menolong orang lain untuk di-ruqiyah dan boleh menerima upah jika diberi (tentunya dengan tujuan utama bukan untuk menerima upah).

Untuk apa ruqiyah dilakukan?

Ruqiyah dilakukan untuk perlindungan dan penjagaan diri dari pengaruh buruk pandangan jahat manusia dan jin, berupa:

  • Kesurupan
  • Sihir
  • Gangguan kejiwaan, baik yang sifatnya pikiran negatif, perasaan negatif, penyakit hati, atau penyimpangan psikologis

Ternyata salah satu bisikan setan itu adalah KEABADIAN. Begitu banyak orang yang ingin terlihat muda selalu, cantik selalu, kaya selalu, dan lain-lain selalu. Makanya, sering-sering me-ruqiyah diri! Sayangi jiwamu 😀

Pedoman (?) ruqiyah:

  1. Bacaan ruqiyah dari ayat Al-Qur’an atau doa yang dicontohkan Rasulullah
  2. Doa yang dibacakan harus jelas dan diketahui maknanya
  3. Berkeyakinan bahwa ruqiyah tidak akan berpengaruh tanpa izin dari Allah SWT
  4. Tidak meminta pertolongan kepada jin atau apa pun selain Allah
  5. Tidak menggunakan benda-benda yang berpotensi menimbulkan syubhat atau syirik
  6. bersambung… *waktunya keburu abis.. Tapi insyaa Allah pekan depan bakal dibagiin print out slide-nya, yeay~

Terharu :’)

Pengajian cewe-cewe RCTI ini selalu menginspirasi saya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s